SII

SII

 

SII adalah strategy of information integration, merupakan strategi pengintegrasian sistem baik saat melakukan merger maupun rekonstruksi. SII merupakan solusi bagi perusahaan besar saat menggabungkan diri dengan perusahaan kecil. Information Integration sendiri adalah proses integrasi informasi dengan menggunakan abstraksi data untuk menyediakan antarmuka tunggal atau yang disebut akses data seragam yang digunakan untuk melihat semua data dalam sebuah organisasi. Tujuannya adalah agar terjadi keseragaman data dalam sebuah organisasi dengan menggabungkan data-data yang berlainan jenis menjadi sekumpulan data yang seragam.

Arsitektur SII

strategi, integrasi informasi

Penjelasan

1. Exploit Local Capabilities

Merupakan tahapan dimana sebuah organisasi menguji kapabilitas organisasinya dan berusaha mendapatkan informasi seputar organisasi tersebut, dengan data-data yang ada, kita dapat menganalisa manajemen organisasi tersebut. Tujuannya agar mendapatkan informasi yang tepat seputar organisasi tersebut, seperti kelebihan, kekurangan, bagian dari organisasi yang perlu ditingkatkan hingga manajemen sebuah organisasi.

2. Conduct Soft Integration

Pada tahapan ini, ada kalanya kita melakukan kerjasama, tapi kerjasama tersebut biasanya terhambat dengan sistem organisasi tersebut, hal ini dapat berakibat dengan tertundanya beberapa hal. Tujuan dari tahapan ini adalah menjembatani perbedaan sistem yang diimplementasikan dua atau lebih organisasi.

3. Share Common Resources

Pada tahapan ini, sebuah organisasi akan melakukan pembagian sumber daya yang dapat meningkatkan efisiensi sebuah organisasi secara optimum. Tujuannya, agar modal yang digunakan tidak terbuang sia-sia.

4. Redesign Process Architecture

Pada tahapan ini, setelah kita melakukan semua proses diatas, ada baiknya kita menggunakan sebuah sistem yang baru. Tujuannya, agar tidak terjadi crash atau redudansi data yang berakibat penurunan kinerja sistem.

5. Optimise Network Infrastructure

Merupakan sebuah tahapan untuk melakukan optimisasi infrastruktur jaringan. Tujuannya adalah, agar tidak terjadi redudansi data pada server organisasi.

6. Transform Organisation Landscape

Merupakan tahapan terakhir dari SII, pada tahapan ini, setelah kita melakukan semua tahap diatas, manajemen organisasi pun akan berubah, saat itulah pola organisasi akan menyesuaikan diri dengan proses integrasi informasi yang sedang berjalan.

 

Tool

Tool yang digunakan dalam pembuatan SII salah satunya adalah InfoSphere Information Server, merupakan sebuah aplikasi pengatur server di lingkungan enterprise yang berguna untuk penyimpanan informasi dan pengintegrasian informasi dengan cara menyortir informasi yang masih relevan dengan yang tidak relevan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: