Teknologi game

Teknologi game

Teknologi game adalah teknologi yang digunakan dalam pembuatan game,baik dari sisi grafik,engine yang digunakan hingga sistem yang digunakan dalam game tersebut. Perkembangan teknologi berjalan beriringan dengan perkembangan game.

Game berawal dari permainan yang sederhana, seperti sepak bola, tenis, atau kartu. Pada tahun 1940, tercipta sebuah alat hiburan yang diberi nama tabung sinar katoda hiburan, lalu berkembang dengan kemunculan game tic tac toe pada tahun 1952 dan berkembang pesat hingga sekarang.

Pada awal dimulainya generasi komputer dengan menggunakan bentuk yang lebih kecil, perkembangan game pun semakin pesat, hal ini didukung dengan perkembangan grafis komputer yang membuat game semakin menarik. Setelah itu muncullah perusahaan game arcade, game arcade adalah game yang dimainkan dengan memasukkan koin ke dalam mesin game agar dapat memainkan game tersebut. Permainan ini berkembang pada tahun 1920-an, setelah itu era konsol game masuk pada tahun 1970-an. Hal ini dimulai dengan munculnya Atari. Dan berlanjut hingga sekarang dengan munculnya playstation 3.  Game berbasis internet muncul pada tahun 1990-an mengubah era permainan menjadi permainan berbasis online, maka muncullah game laghaim, Counter strike, Ragnarok online.

Perkembangan teknologi yang pesat juga berlaku pada handphone, hal ini tidak disia- siakan dengan kemunculan mobile game, game berbasis handphone ini telah menarik perhatian masyarakat, karena sekarang handphone selain sebagai alat komunikasi juga berperan sebagai alat hiburan.

Pelaku pembuatan game

Game dapat dibuat bukan atas kerja seorang programmer seorang, game dapat dibuat atas kerja sebuah tim. Perusahaan game besar memiliki tim yang membawahi beberapa proyek game, ada tim bertugas sebagai perancang game, mengatur  sistem game tersebut atau bahkan tim yang bertugas untuk menentukan musik tema game tersebut.

Game developer : Pemberi dana dan juga pemimpin sebuah proyek game

Graphic designer : Perancang grafis sebuah game, tim ini juga yang memutuskan jenis grafis yang digunakan dalam sebuah game

Music composer : Tim yang bertugas untuk membuat music tema dalam sebuah game

Sistem programmer : Tim yang bertugas untuk merancang sistem yang berjalan dalam sebuah game, hal ini dibagi lagi ke dalam tim – tim kecil yang bekerja untuk masing-masing sistem

  1. Battle system programmer : Perancang sistem dalam menentukan bagaimana tombol- tombol dalam game tersebut bekerja
  2. Map system programmer : Perancang sistem dalam menentukan bagaimana player berinteraksi dengan map sebuah game
  3. Class system : Perancang sistem dimana tiap – tiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda – beda

Database Programmer : Tim ini mengerjakan mulai dari kemampuan karakter, item yang ada pada sebuah game hingga lawan yang harus dihadapi oleh player

Tahapan Pembuatan Game

  1. Menentukan tema : Dalam hal ini, kita tentukan jenis game seperti apa yang harus kita buat
  2. Menulis skenario : Dalam hal ini, setelah menentukan tema game, maka mulai melakukan pembuatan dialog antar karakter dalam game tersebut
  3. Merancang Game : Dalam hal ini, akan dibuat beberapa tim yang telah disebutkan diatas, dengan kata lain, tim- tim tersebut bekerja secara bersamaan
  4. Uji coba game : Tiap -tiap tim akan melakukan uji coba, apakah terdapat bug dan lain – lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: