Eye OS

90px-EyeOSlogo

Sejarah

EyeOS adalah sebuah open source web desktop mengikuti konsep cloud computing yang memanfaatkan kolaborasi dan komunikasi di antara pengguna. Hal ini terutama ditulis dalam PHP, XML, dan JavaScript. Versi pertama eyeOS dirilis pada Agustus 1, 2005 sebagai eyeOS 0.6.0 di Barcelona (Spanyol).

Setelah dua tahun pembangunan, Tim eyeOS diterbitkan eyeOS 1,0 (pada Juni 4, 2007). Dibandingkan dengan versi sebelumnya, 1,0 memperkenalkan eyeOS reorganisasi lengkap kode dan beberapa teknologi web baru, seperti eyeSoft, sebuah portage web berbasis sistem instalasi perangkat lunak. Selain itu, juga termasuk eyeOS Toolkit, satu set perpustakaan mudah dan cepat memungkinkan pengembangan Aplikasi web baru. Portage adalah sebuah sistem manajemen paket yang digunakan oleh Gentoo, yang didasarkan pada konsep koleksi port, saat ini EyeOS sudah memasuki versi 1.8.6.

Cloud computing adalah paradigma komputasi yang dinamis terukur dan sering virtualisasi sumber daya disediakan sebagai layanan melalui internet. Konsep umumnya menggabungkan kombinasi dari berikut ini:

  • • infrastructure as a service (IaaS) infrastruktur sebagai layanan (IAAS)
  • • platform as a service (PaaS) platform sebagai layanan (Paas)
  • • software as a service (SaaS) perangkat lunak sebagai layanan (SaaS)
  • • teknologi yang bergantung pada internet untuk memenuhi kebutuhan komputasi pengguna.

Struktur dan API

Untuk para pengembang, eyeOS menyediakan eyeOS Toolkit, satu set perpustakaan dan fungsi untuk mengembangkan aplikasi untuk eyeOS. Menggunakan Portage eyeSoft terintegrasi berbasis sistem, orang dapat membuat repositori untuk mereka sendiri dan mendistribusikan aplikasi eyeOS melalui itu. Masing-masing bagian inti desktop adalah aplikasi sendiri, menggunakan javascript untuk mengirim perintah server sebagai user berinteraksi. Sebagai tindakan yang dilakukan dengan menggunakan ajax (seperti peluncuran aplikasi), ia akan mengirimkan informasi acara ke server. Server kemudian mengirimkan kembali tugas untuk klien untuk melakukan dalam format XML, seperti menggambar sebuah widget.
Di server, eyeOS menggunakan XML file untuk menyimpan informasi. Hal ini mudah bagi user untuk mengatur di server, karena memerlukan konfigurasi selain nol informasi account pengguna untuk pertama, sehingga mudah untuk menyebarkan. Untuk menghindari kemacetan file flat hadir, setiap pengguna informasi dan pengaturan yang disimpan dalam file berbeda, mencegah kekurangan sumber daya terjadi.

Sekilas eye OS

Eye OS adalah sebuah program OS berbasis cloud computing. Artinya, program ini tidak memerlukan instalasi dan yang kita perlukan hanya sebuah browser untuk menjalankan OS tersebut. Untuk menjalankan OS ini, yang kita perlukan hanya mengunjungi web tersebut dan mendaftarkan diri sebagai user.

login

link untuk melihat step by step menjadi user eye OS

Aplikasi

a. Office application
Seperti kebanyakan program OS,sudah pasti ada program office,dalam hal ini program office yang disediakan sudah termasuk program office standar.

b. Media application
Untuk aplikasi media seperti pemutar musik atau video,ada program eye media

c. Network application
Untuk program network,juga termasuk program browser dan data upload/download application

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  1. Tidak memerlukan instalasi
  2. Penggunaan yang mudah
  3. Tempat penyimpanan yang terpadu
  4. Penambahan aplikasi dapat kita buat sendiri

Kekurangan

  1. Keamanan data yang bersifat privasi menjadi sulit untuk dilindungi
  2. Aplikasi office yang sederhana.

Referensi

  1. en.wikipedia.org
  2. eyeos.org
Iklan

3 Tanggapan to “Eye OS”

  1. eko Says:

    pengaturan usernya gimana kalo eyeOS di masukan diserver Ubuntu.

    • Andri Kusuma Says:

      saya belum pernah menggunakan eyeOS di lingkungan server ubuntu, selama ini saya menggunakan eyeOS di bagian clientnya, bukan di bagian server

  2. Risky Says:

    dah lumayan bagus tapi bahannya diperbanyak lg sob

    o iy,jangan lupa ksh comment ke blog gw ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: